Evolusi Perangkat Lunak

·         
                    






            ERA PIONER
Pada era ini bentuk perangkat lunak adalah merupakan sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain mengakses komputer adalah menggunakan punched cara yaitu kartu yang di lobangi penggunaan komputer saat ini masih di gunakan secara langsung. Sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat keras lainnya, penggunaan komputer secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan oleh komputer berupa baris instruksi yang secara berurut di proses.
      
     ERA STABIL
    Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Pada era ini perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan satu-satu lagi,tetapi sudah banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak perngguna secara cepat dan langsung.
Pada era ini mulai dikenal sistem basisdata, yang memisah antara program dan data.

      ERA MIKRO
Sejalan dengan semakin luasnya perkembangan PC dan jaringan komputer, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorrangan. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

      ERA MODERN
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana. Sebuah komputer genggampun sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di singkronkan dengan komputer.
Bahkan peralatan seperti telephone, tv, mesin cuci, dan microwave telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan tersebut. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditujukan oleh perangkat lunak semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai mengenal suara dan gambar.

PEMBAGIAN FUNGSI DAN KINERJA PERANGKAT LUNAK

Berdasarkan fungsi dan kinerjanya, maka perangkat lunak (software) dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
1.      Sistem operasi (operation system)
Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengolahan seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai, sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumberdaya sistem komputer.
Contoh sistem operasi adalah  DOS, UNIX, WINDOWS, IMB os/2 dll.
Secara umum sistem operasi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
-          Mekanisme boot, yaitu meletakkan karnel kedalam memory
-          Karnal, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
-          Command interpreter atau shall, yang bertugas membaca input dari pengguna
-          Pustaka-pustaka, yang menyediakan fungsi dasar atau standar yang dapat di panggil oleh aplikasi lain
-          Driver, untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus mengontrol mereka.
Fungsi sistem operasi adalah:
-          Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna
-          Sistem operasi berfungsi untuk menghindari komplik pada saat pengguna (user) menggunakan sumberdaya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumberdaya, atau disebut juga Resourse Allocator
-          Sistem operasi sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan penggunaan komputer yang tidak perlu
-          Tugas terpenting sistem operasi adalah mengatur Physical divices dan menampilkan abstraksi mesin virtual dari aplikasi.

Dari fungsi sistem operasi dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem operasi mempunyai tujuan antara lain.
1.Kenyamanan     => membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman
2.Efisiensi                        => penggunaan sumberdaya sistem komputer secara efisien
3.Berevolusi          => sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan       dan memudahkan pengembangan, pengujian, serta pengajuan sistem-sistem yang baru

2.      Perangkat lunak aplikasi (aplication software)
3.      Dan bahasa pemograman (software progamming)
Sistem operasi berdasarkan tampilan nya atau interface dapat di badakan menjadi 2, yaitu:
1.      Command line interface yaitu system operasi yang masih menggunakan tampilan layar hitam putih dan hanya berbentuk tulisan-tulisan saja tanpa ada gambar atau warna. Sistem operasi jenis ini hanya bisa di lakukan dengan menggunakan keyboard saja. Biasanya, system operasi jenis ini hanya di gunakan pada system operasi jenis UNIX dan DOS.
2.      Graphical user interface (GUI) yaitu system operasi yang mempunyai tampilan menarik dengan adanya tulisan, gambar-gambar dan tool-tool yg mempermudah user menggunakan system operasi ini. Untuk jenis system operasi ini sudah dapat di lakukan dengan menggunakan mouse untuk memilih menu atau meng klik dokumen yg ingin di jalan kan. Pada perkembangan saat ini semua system operasi berlomba-lomba untuk membuat tampilan yg menarik dan memberikan kemudahan pada para pengguna nya, system operasi yg menggunakan interface GUI dapat kita jumpai pada system operasi jenis WINDOWS dan LINUX. 
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Terampil.com | Situs Informasi Terkini | - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger