Media Penyimpanan Data Komputer

1.      1. Media Penyimpanan Data Magnetik
Media penyimpanan data magnetik mempunyai lapisan magnet untuk menuliskan data dalam bentuk guratan-guratan magnetik. Contoh media penyimpanan jenis ini adalah disket dan harddisk.
-                 
      -Disket
Disket merupakan salah satu media penyimpan data magnetis. Disket dengan ukuran 3,5 inch mempunyai kapasitas 1,44 Megabyte. Disket sebaik nya di hindarkan dari panas, medan magnet, dan tekukan karena dapat menyebabkan kerusakan. Media penyimpanan ini mempunyai prinsip permanfaatan medan magnet yang terdapat pada lapisan permukaan plastik berbentuk bundar sebagai media penyimpanan data disket masih beresiko untuk terjangkit virus komputer. Alat untuk membaca dan menulis di sebut Floppy disk drive.
-           
      -Harddisk
Harddisk merupakan media utama penyimpan berbagai data dan program komputer. Harddisk mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar dengan kecepatan akses yang tinggi. Di dalam harddisk terdapat lempengan-lempengan logam bundar yang di susun berlapis-lapis serta terdapat motor penggerak lempeng logam. Hingga kini harddisk menyimpan data hingga puluhan gigabyte bahkan cenderung bertambah besar.

2.     2. Media Penyimpan Data Optik
Media penyimpan data optik cirinya menggunakan sinar laser untuk membaca data sehingga akses nya lebih cepat dan dapat di gunakan untuk menyimpan data dalam volume lebih besar. Contoh media penyimpanan data optik adalah Compact Disk atau CD. Keping CD atau yang sering di sebut dengan piringan data adalah salah satu media penyimpan data yang bersifat optik. Biasanya CD mempunyai kapasitas penyimpanan 700-800 Megabyte. Keping CD ada 2 yaitu keping CD yang berdiameter lebar dan keping CD yang berdiameter kecil.
Kepingan CD ada bermacam jenis nya yaitu :
a)        
     a) Compact Disk Read Only Memory atau CD-ROM berfungsi hanya untuk menyediakan informasi data saja.
b)      
     b) Compact Disk Recordable atau CD-R berfungsi untuk merekam data sekali, selanjut nya hanya dapat di baca saja.
c)      
       c) Compact Disk Rewriteable atau CD-RW berfungsi untuk merekam dan menulis ulang data yang telah di simpan.
d)     
           d.) Digital Versatile Disk atau DVD berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas besar dan cocok untuk penyimpanan audio visual seperti sinema.

3.      3. Media Penyimpan Data Elektronik
Ciri media penyimpan data jenis ini antara lain adalah sebagai berikut ini.
a)      -Di dalam nya terdapat komponen elektronik.
b)      -Kapasitas penyimpanan dapat lebih besar dari media magnetis.
c)      -Harga relatif mahal karena seluruh operasi bersifat elektronik sehingga operasinya cepat.
d)      -Kecepatan akses pemrosesan data sangat tinggi.
Contoh media penyimpan data elektronik adalah Flashdisk. Dewasa ini telah banyak beredar USB port yang berfungsi sebagai media penyimpan eksternal dalam kapasitas yang besar. Secara fisik bentuk alat ini cukup simpel hanya seukuran ibu jari namun memiliki kapasitas yang bervariasi mulai dari 128 MB, 256 MB hingga 1 GB.
 

Jangan lupa comments nya gan.
Share this article :
 

+ comments + 2 comments

June 13, 2013 at 8:46 PM

Kita juga punya nih artikel mengenai Data Flow Diagram, silahkan dikunjungi dan dibaca, berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2833/1/A-1.%20Aries%20Muslim%20dan%20Cut%20Maisyarah%20Karyati.pdf
Terimakasih

August 23, 2013 at 7:19 AM

good

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Terampil.com | Situs Informasi Terkini | - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger