Hindari Kehilangan Data pada Hard Disk Tepat Waktu



Apakah hard disk anda masih berfungsi dengan baik atau tak lama lagi perlu di ganti? Terampil.com ingin mengetahui nya dengan cara sederhana agar dapat membackup tepat waktu.

Hal ini dapat anda ketahui dengan 2 langkah. Keluarkan hard disk dari PC dan letak kan sekali pada bagian atas dan sekali pada bagian bawah saat berfungsi. Untuk notebook, cukup letakkan terbalik ketika berfungsi. Apabila hard disk mengeluarkan bunyi bunyian tergantung pada posisi tertentu, berarti komponen bola-bola kecil pada per telah rusak. Segera backup data Anda sebelum hard disk benar-benar tidak berfungsi.
Langkah berikut nya adalah memeriksa apakah ada sektor yang rusak, misal nya dengan tool HDTune (tersedia di www.hdtune.com). Setelah menjalankan tool, klik “Error scan dan “Start”. Bagian yang rusak tampak sebagai kotak-kotak merah (lihat gambar). Jika seluruh hard disk berada dalam area hijau, berarti masih sehat dan tidak perlu di ganti.
Lakukan pemeriksaan dengan HDTune secara teratur 4 minggu sekali. Anda akan aman dari risiko kehilangan data. Uji hard disk dengan tool standar XP (melalui “Hard Disk/ Properties/ Tools/ Error Check”) tidak dapat di andalkan. Tool ini hanya mengenali 2 sektor yang rusak pada notebook.
Jangan lupa tinggal kan comments nya gan.  . .
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Terampil.com | Situs Informasi Terkini | - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger